Ingin Jadi Peternak Ayam Kampung? Ini Kunci Sukses Dari Pakar Ugm Halaman All

Written by Jasmin on March 20, 2021 in LIP with no comments.

Di Boyolali, beberapa kampung yang bergelut pada usaha ternak sapi dan sapi perah menggunakan kotoran sapi untuk menghasilkan gas ang mereka gunakan untuk memasak sehingga tidak perlu lagi membeli fuel. Perbedaan mulai dari lahan yang dibutuhkan, kandang yang harus disediakan hingga pembiayaan untuk mendapatkan pakan yang baik untuk si hewan. Bahkan menjadi reseller dari berbagai brand tersebut dapat menjadi usaha paling laris di kampung jika disesuaikan dengan tren pasar yang ada.

Ayam dapat dilepaskan di lapangan tersebut saat pagi hari dan baru dimasukkan ke kandang kembali di sore hari. Roni yang juga mengelola restoran ayam kampung NatChick di Cogrek, Parung, Bogor ini menuturkan, permintaan ayam kampung yang terus meningkat bisa dilihat saat pandemi wabah virus Togel SGP corona atau Covid-19. Apabila ayam kampung dipasarkan sendiri ke konsumen akhir seperti restoran atau perumahan, harga karkas ayam kampung tentu lebih menjanjikan. Dia pun memilih memulai usaha bisnis pertaniannya itu di kampung halaman, karena melihat potensinya yang masih terbuka lebar.

Menjadi Penjual ternak di kampung halaman

Peminat dari ayam kampung memang tidak sebanyak ayam negeri, begitu pula dengan jumlah peternaknya. Namun, konsumen dari ayam kampung masih terbilang sangat banyak dan mudah ditemui. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya penjual kuliner yang khusus menjajakan santapan dari ayam kampung saja. Selain dijual ke bakul, ayam bisa dijual langsung ke pedagang ayam potong di pasar.

Untuk indukan betina Anda bisa memilih yang memiliki warna yang menarik, ukuran tubuh sudah besar dan siap untuk dikawinkan, bulu mengkilap, sehat dan tidak cacat, serta memiliki gerakan yang aktif. Indukan jantan harus memiliki suara kokokan yang lantang, bulu yang mengkilap, serta sehat dan tidak mengalami kecacatan, selain itu pejantan juga harus aktif bergerak dan cukup agresif. Sekat kandang menjadi dua bagian, dimana satu bagian untuk ayam dewasa dan satu yang untuk ayam yang kelas baru mulai di tetaskan. Tinggi kandang minimal three meter, sebab jika dibawah three meter dikhawatirkan ayam masih dapat terbang untuk melewatinya. Dinding kandang harus rapat agar tidak bisa dimasuki hewan liar seperti anjing atau hewan buas lainnya. Buat kandang tertutup yang mengelilingi lokasi agar ayam tidak berkeliaran dan menganggu tetangga.

Usaha ternak ayam kampung merupakan usaha di desa yang menguntungkan karena umumya di desa memiliki lahan yang luas dan juga memiliki lingkungan yang kondusif untuk beternak ayam. Selain sebagai lauk pauk, telur juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kue. Ini menjadikan telur sebagai komoditas yang banyak dibutuhkan di pasaran. Tingginya permintaan terhadap telur menjadikan ternak ayam petelur menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Belakangan ini Warga Desa Tajun melihat peluang tersebut dengan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam petelur. Saat ini usaha ternak ayam petelur di Desa Tajun baru dikembangkan oleh beberapa warga saja.

Alhasil, biaya produksi petani dan peternak pun akan menjadi lebih tinggi. Dampaknya, harga barang-barang produk peternakan, seperti daging ayam, pun jadi melambung. Saat ini Komang Radiasa memelihara 3.400 ekor ayam petelur dan secara bertahap akan terus ditambah untuk memenuhi permintaan telur di Buleleng. Ia berharap warga Desa Tajun yang lain mau ikut berbisnis ternak ayam petelur. Besar harapannya Pemerintah segera memperbaiki jalan di Banjar Dinas Bayad yang menuju ke lokasi kandangnya sehingga pengiriman telur dan barang-jasa lainnya bisa semakin lancar.

Taryat sangat optimis, peternak sapi akan beranjak pada perekonomian yang lebih baik dan menjadi pemenang dalam pasar bebas ASEAN jika pemerintah serius membantu para peternak mengembangkan usahanya. Setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor dengan menyandang gelar Dokter Hewan, lelaki asal Subang, Jawa Barat ini memilih kembali ke kampung halamannya, mengabdi untuk peternak sapi. Jadi gak usah bingung kalau kamu lagi penasaran jualan apa yang laku di kampung setiap hari.

Jualan ikan asin merupakan usaha di desa yang memiliki pasar yang cukup luas, bahkan sampai dengan ke mancanegara. Oleh karena itu, diperlukan riset yang baik mengenai komoditas ikan yang paling dicari di daerah anda, kota-kota besar di Indonesia, ataupun pasar luar negeri. Bervariasinya jenis bibit juga membuat kita mempunyai banyak pilihan untuk melakukan usaha bisnis di desa ini. Mulai dari bibit tanaman hias, sayur mayur, sampai dengan bibit tanaman buah-buahan. Hal tersebutlah yang membuat jualan bibit menjadi usaha di desa yang menjanjikan.

Comments are closed.